Jumat, 03 Agustus 2018

4.1.  Menyajikan data hasil pengamatan terhadap perkembangan teknologi komputer

Tujuan penggunaan media dalam pembelajaran adalah agar pesan atau informasi yang dikomunikasikan dapat di serap semaksimal mungkin oleh pesertadidik. Teknologi adalah suatu alat bantu yang digunakan untuk membantu dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran terlihat menarik, dan proses penyajian informasi dan penyampaiaan informasi mudah dipahami siswa.

Perubahan lingkungan luar dunia pendidikan, mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan dunia pendidikan memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana berinteraksi dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi informasi. Teknologi informasi adalah suatu cara bagi pengguna media untuk mengkomunikasikan hal yang ingin mereka sampaikan kepada orang lain. Pengguna informasi dapat berdampak buruk dan baik. Dampak baiknya kita dapat memperoleh banyak informasi dari teknologi yang canggih yang banyak bermunculan belakangan ini. Dampak buruknya mungkin banyak orang lain yang salah mengartikan teknologi sehingga salah dalam penggunaannya.

Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar, perkembangan teknologi telah memberi pengaruh terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang efektif memerlukan suatu media yang mendukung penyerapan informasi sebanyak-banyaknya. Seiring dengan perkembangan zaman maka teknologi berperan penting sebagai sarana untuk mendapatkan materi pembelajaran yang diajarkan. Teknologi dan media pembelajaran adalah salah satu penunjang yang memegang peranan penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam proses pembelajaran.

Efektifitas proses belajar mengajar (pembelajaran) sangat dipengaruhi oleh metode dan media pembelajaran yang digunakan, kesemuanya saling berkaitan, dimana pemilihan tertentu akan berpengaruh terhadap jenis media apa yang akan digunakan. Dalam arti bahwa harus ada kesesuaian diantara keduanya untuk mewujudkan tujuan pembelajaran, penataan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang pengajar dipengaruhi oleh media yang digunakan.

Kehadiran media dalam pembelajaran juga dikatakan dapat membantu peningkatan pemahaman siswa, penyajian informasi lebih menarik dan terpecaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi. Jadi dalam hal ini di katakan bahwa fungsi media teknologi adalah sebagai sarana bantu dalam proses pentranferan ilmu pengetahuan ataupun informasi dalam pembelajaran.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengelola kelas dengan basis teknologi adalah hal penting bagi guru ketika memikirkan bahwa pembelajaran pada saat ini tidak hanya terfokus pada teknologi komputer, walaupun pada saat ini komputer adalah salah satu alat yang sedang digemari oleh sekolah dalam mendukung kegiatan anak di sekolah. Alat-alat lainnya juga bisa dimanfaatkan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan tidak hanya sebagai alat bantu tetapi memang kegiatan belajar yang dijalani oleh siswa seperti telepon, video teknologi, radio, dan lain-lain.


Teknologi di dalam kelas membantu memperlancar kegiatan belajar yang harus dilalui oleh murid dan memberikan kemudahan bagi guru dalam proses mentransfer ilmu pengetahuan kepada muridnya. Oleh karena itu lingkungan kelas harus memberikan dukungan kepada kegiatan belajar yang menyenangkan murid dan guru mengajar dengan nyaman. Setiap guru menghendaki muridnya dapat belajar dan sukses dalam belajar, keberhasilan dalam belajar murid akan tergantung pada usaha-usaha guru memberikan arahan-arahan dan memberikan bantuan dalam kegiatan belajar tersebut. Dengan perbedaan yang dimliki oleh murid, teknologi memungkinkan secara individual dapat dilakukan dengan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar